best friend

best friend
GOD IS LOVE

Senin, 17 Oktober 2011

Tujuan Sekolah

 
   Pada tahun lalu, Khalil masuk disuatu Tk (Taman Kanak-Kanak). Di sana dia belajar huruf-huruf ejaan, dasar-dasar membaca, menulis, berhitung serta dasar-dasar pendidikan, tata krama, agama dan al-Qur'an.
   Setelah memasuki tahun ajaran baru, orang tua Khalil bermaksud mendaftarkan anaknya tersebut di suatu SD (Sekolah dasar) pada awal pembukaanya. Dia katakan kepada Khalil, "Wahai anakku, ayah ajak engkau pergi ke sekolah, ayah berharap semoga kelak engkau meraih kesuksesan".

   Khalil menjawab," Apa manfaatnya ayah, jika aku masuk sekolah ? Apakah tidak lebih baik aku bersama ayah dipasar untuk membantu pekerjaan ? Dan saya senang karena bersamamu. Lagi, engkau akan bahagia menyaksikan anakmu yang kecil ini membantumu dan bermain di sampingmu".
   Sang ayah menjawab, "Anakku, sungguh engkau belum tahu manfaat sekolah. Saya beritahu tujuan sekolah adalah agar engkau mengerti kewajiban-kewajibanmu kepada Yang Maha Pencipta; Allah SWT serta terhadap seluruh mahkluk Nya. Disamping agar engkau belajar sebagian ilmu dan pengetahuan yang kelak berguna bagi keluarga dan bangsamu. Engkau juga dapat belajar berhitung, kegiatan-kegiatan perdagangan ataupun teknik, jika engkau bercita-cita menjadi pedagang atau menjadi ahli teknik. Oleh karena itu, ayah sangat berharap engkau berangkat ke sekolah dan tekun belajar, sehingga engkau meraih cita-cita dari Tuhan para hamba.
    imam Baihaqi dan Imam Thabrani dalam kitab al-Ausath meriwayatkan hadist marfu'  dari Abu Darda', "Mencari ilmu diwaktu kecil bagai mengukir diatasbatu."
    Alangkah tepatnya seorang penyair yang mengatakan :
    Aku tahu bahwa aku lupa ilmu yang kupelajari di saat senja
    Namun, tiada kulupa pelajaran disaat belia
    Tiada ilmu kecuali belajar di waktu muda
    Tiada dewasa kecuali belajar di waktu muda
    Andai sang guru membuka hati anak didik disaat belia
    Niscaya di hatinya, ilmu bagai pahatan diatas batu.

    Percayalah wahai anakku bahwa segala yang engkau pelajari saat ini- sekalipun belum engkau ketahui gunanya- karena umurmu yang masih belia pasti akan engkau dapatkan manfaatnya disaat dewasa. Dengan ilmu itu engkau akan bahagia, tentram dan berada dalam derajat yang mulia.

    Anakku, belajarlah selagi engkau masih muda, karena saat itulah waktu yang baik untuk menuntut ilmu. Apabila telah melewati tidak mungkin waktu itu akan kembali. sudah berapa banyak orang yang menyesal gara-gara membuang waktu disaat belia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar